Berita

Kesbangpol bersama KPU, Sosialisasikan Pemilos Serentak 2016

Selasa Pahing, 26 Juli 2016 15:37 WIB 496

foto
Suasana sosialisasi Pemilos Serentak 2016. (Foto: Djn)

Dalam rangka persiapan kegiatan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) serentak Tahun 2016, pada Selasa (26/07) Kantor Kesbangpol Kabupaten Bantul bersama KPU Kabupaten Bantul melaksanakan sosialisasi kepada Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di Gedung Induk Parasamya, Bantul.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kesbangpol, Ir. Ag. Sumasriyana, M.Si menyatakan bahwa kegiatan Pemilos yang diinisasi pertama kali oleh KPU Bantul merupakan sarana pembelajaran kepada siswa untuk memilih pemimpin yang baik secara demokratis dalam lingkup internal sekolah.

Selain itu melalui Pemilos ini diharapkan juga menjadi sarana pendidikan pemilih terutama untuk menyiapkan penyelenggara pemilihan yang profesional, berintegritas dan independen. Sosialisasi yang diikuti oleh 96 sekolah tingkat menengah atas ini menghadirkan nara sumber Komisioner KPU Bantul, Arif Widayanto, S.Fil.I serta Perwakilan dari Dinas Menengah dan Non formal (Dikmenof) Bantul.

Dalam paparannya Arif menyampaikan bahwa Pemilos pada hakekatnya adalah pendidikan demokrasi bagi pemilih pemula. Hal ini karena dalam kegiatan Pemilos, secara langsung dipraktikkan pembelajaran demokrasi di sekolah melalui pengenalan siklus Pemilu.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam Pemilos yang rencananya akan dilaksanakan pada Jumat, 09 September 2016 akan dibentuk penyelenggara di masing-masing sekolah antara lain Mahkamah Pemilos, Panitia Pemilihan OSIS (PPO), Pengawas Pemilos, serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

 “Setelah sosialisasi hari ini maka kegiatan berikutnya adalah Training of trainer bagi penyelenggara Pemilos dilanjutkan Bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara bagi petugas”, ungkap Arif.

(DJN)