Berita

Tingkatkan Kualitas Pemilu, KPU Bantul Rencanakan Launching Rumah Pintar Pemilu

Kamis Pahing, 23 Maret 2017 14:24 WIB 815

foto

Dalam rangka meningkatkan kualitas partisipasi pemilih baik secara kualitas maupun kuantitas pada Pemilu serentak 2019 mendatang, KPU Bantul berencana me-launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) pada Kamis, 30 Maret 2017 yang akan datang.

Menurut penuturan Ketua KPU Bantul, Muhamamd Johan Komara, S.IP pembentukan Rumah Pintar Pemilu KPU Bantul ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran KPU RI Nomor 54/KPU/I/ 2017 tentang Pembentukan Rumah Pintar Pemilu Tahun 2017.

“Rumah Pintar Pemilu ini merupakan program prioritas nasional KPU RI dan KPU Bantul menjadi salah satu daerah yang tahun ini akan dibentuk” jelasnya. Lebih lanjut disampaikan bahwa desain Rumah Pintar Pemilu KPU Bantul akan terdiri dari 4 (empat) ruangan meliputi ruang audiovisual, ruang display, ruang simulasi serta ruang diskusi. 

Sementara itu pada kesempatan yang sama Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bantul, Titik Istiyawatun Khasanah,S.IP menjelaskan bahwa melalui keberadaan Rumah Pintar Pemilu ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Pemilu dan demokrasi dengan cara mengenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi serta memberikan pemahaman akan pentingnya membangun demokrasi dan Pemilu berkualitas dan berintegritas.

 “Para pengunjung Rumah Pintar Pemilu nantinya akan diajak untuk melihat dan memahami sejarah Pemilu di Indonesia sejak pertama kali Pemilu diadakan sampai dengan yang terakhir”, tandasnya. Lebih lanjut disampaikan bahwa Rumah Pintar Pemilu KPU Bantul terbuka untuk umum baik untuk kategori pra pemilih (pra TK,TK, SD, dan SMP) maupun pemilih yang sudah aktif seperti kelompok pemula,  kelompok perempuan, kelompok disabilitas, dan sebagainya.

Untuk kegitan launching Rumah Pintar Pemilu akan dilaksanakan pada hari Kamis (30/3) di pendopo KPU Bantul. Selain launching juga akan dilaksanakan penandatanganan MoU pengelolaan Rumah Pintar Pemilu antara KPU Bantul dengan Pemda Bantul, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Institut Seni Indonesia.

 Launching juga akan dimeriahkan dengan lomba mewarnai yang diikuti siswa-siswi  TK di Bantul  kemudian dilanjutkan dengan seminar pendidikan Pemilih dengan nara sumber Ketua KPU DIY  serta sosiolog UMY, Dr. Zuly Qodir.  (Djn)