Berita

KPU Bantul me-Launching RPP “Omah Pemilu”

Kamis Wage, 30 Maret 2017 15:34 WIB 1360

foto
Launching RPP "Omah Pemilu" ditandai dengan penandatanganan naskah kerjasama, pengguntingan pita, seminar dan lomba mewarnai bagi siswa TK (Foto :str)

 

Bantul - KPU Kabupaten Bantul me-launching  Rumah Pintar Pemilu (RP) “Omah Pemilu” ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan, S.IP, M.A yang antara lain dihadiri dan disaksikan Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Ketua dan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se DIY, Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait di Kabupaten Bantul, unsur partai politik, unsur organisasi sosial kemasyarakatan dan tamu undangan lain hari Kamis (30/3).

Ketua KPU Kabupaten Bantul Muhammad Johan Komara, S.IP dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa RPP merupakan salah satu program prioritas nasional yang masuk dalam RPJMN tahun 2015 – 2019, dimana targetnya menjelang pemilu tahun 2019 seluruh  KPU di Indonesia sudah memiliki RPP dan KPU Kabupaten Bantul termasuk yang harus sudah dibentuk di tahun 2017.

Lebih lanjut dikatakan oleh Johan Komara bahwa dengan keberadaan  RPP “Omah Pemilu” diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi dengan cara mengenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi serta memberikan  pemahaman akan pentingnya membangun demokrasi dan pemilu yang berintegritas.

Selain itu kehadiran RPP “Omah Pemilu”  dapat juga digunakan sebagai base camp bagi para pegiat pemilu di Bantul untuk melakukan diskusi terkait strategi pendidikan pemilih maupun peningkatan kualitas demokrasi, dengan mengedepankan prinsip efektif dan efisien serta berbiaya murah.

Dalam kesempatantersebut juga dilakukan penandatanganan naskah kesepakatan dan kerjasama terkait dengan pengelolaan RPP “Omah Pemilu” antara KPU Kabupaten Bantul dengan Pemerintah Kabupaten Bantul, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, LPM Institut Seni Indonesia, Program Pasca Sarjana dan Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Selain memberikan sambutan Wakil Bupati Bantul dan Ketua KPU DIY, beserta para tamu undangan berkenan menyaksikan RPP “Omah Pemilu” yang meliputi ruang display,  ruanga audio visual, ruang   simulasi dan diskusi. Rangkaian launching dilanjutkan dengan seminar pendidikan pemilih bertema "membangun active citizen untuk mewujudkan demokrasi dan pemilu yang berintegritas"  dengan narasumber Dr. Zuly Qodir, sosiolog dari Universitas Muhmmadiyah Yogyakarta dan  Anfasul Marom, MA Komisioner KPU DIY dengan moderator Yayulianto, S.E dari Sekretariat KPU Kabupaten Bantul

Untuk memberikan pendidikan pra pemilih pada kesempatan tersebut juga diadakan lomba mewarnai bagi anak-anak TK se Kecamatan Bantul bertema “ ketika bangsaku memilih”, bekerjasama dengan IGTKI Bantul dan Bank BRI Cabang Bantul. (bn)