Berita

Siswa SD Palbapang Baru Kunjungi RPP KPU Bantul

Selasa Wage, 13 Juni 2017 12:46 WIB 297

foto
Para siswa SD Palbapang Baru disertai guru pembimbing, foto bersama Komisioner KPU Bantul usai mengunjungi RPP 'Omah Pemilu'

KPU Bantul- Memanfaatkan waktu usai ulangan semester sambil menunggu saat kenaikan kelas untuk kegiatan yang positif, sebanyak 53 siswa kelas IV dan 41 siswa V SD Palbapang Baru, Bantul mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) ‘Omah Pemilu’ KPU Kabupaten Bantul. Kunjungan dibagi dalam dua sesi pada hari Selasa (13/6).

Sesi pertama kunjungan untuk kelas IV didampingi guru Suparmi, S.Pd dan sesi kedua untuk kelas V didampingi guru Winarsih, S.Pd. Para siswa yang berkunjung diterima oleh Komisioner KPU Kabupaten Bantul beserta tim pemandu RPP dari staf sekretariat, diawali dengan penjelasan tentang apa tugas KPU dan melihat film tentang Pemilu.

Berikutnya para siswa diajak melihat dan menerima penjelasan dari display tentang sejarah penyelenggaraan Pemilu di Indonesia dilanjutkan praktek simulasi pemungutan suara, dengan petugas selaku KPPS dari para siswa sendiri. Usai mengikuti simulasi pemungutan suara, para siswa diajak untuk berdiskusi tentang Pemilu dan demokrasi di Indonesia.

Salah seorang guru pendamping Suparmi, S.Pd mengatakan melalui kunjungan di RPP ‘Omah Pemilu’ Kabupaten Bantul, selain mensinkronkan materi pelajaran demokrasi di kelas, diharapkan pada saatnya para siswa menggunakan hak pilihnya nanti, dapat menjadi pemilih yang cerdas.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Bantul Muhammad Johan Komara, S.IP mengapresiasi inisiatif SD Palbapang Baru untuk berkunjung dan belajar tentang pemilu dan demokrasi di Omah Pemilu. Harapannya, kunjungan ini dapat menginspirasi sekolah lain untuk juga berkunjung ke Omah Pemilu KPU Kabupaten Bantul. “ Sehingga, akan lebih banyak siswa di Bantul yang semakin paham tentang Pemilu dan Demokrasi” tandasnya. (bn)