Berita

Pembinaan SDM KPU se DIY

Senin Legi, 10 Juli 2017 10:36 WIB 132

foto
Jajaran KPU Kabupaten Bantul bersama Ketua KPU RI, Ketua KPU DIY, Sekjen KPU RI, Ka Biro SDM KPU RI usai acara pembinaan.

Kinerja KPU dalam hal kepercayaan pelayanan publik dinilai terus membaik dari hasil riset berada di urutan keempat dari 73 lembaga/kementerian RI, sementara itu untuk keterbukaan innformasi publik berada di urutan ketiga karena mudah diakses dan dikontrol hal tersebut semakin membuktikan bahwa KPU sebagai penyelenggara Pemilu semakin dihargai oleh lembaga lain serta negara.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU RI Arif Budiman saat memberikan pembinaan SDM KPU se DIY yang diikuti oleh unsur komisoner dan jajaran sekretariat KPU DIY serta KPU Kabupaten/Kota se DIY hari di hotel Sheraton, Yogyakarta hari Jumat (7/7), sehingga semakin memberikan kebanggaan bagi jajaran KPU untuk bisa bekerja lebih baik lagi termasuk berusaha meraih laporan keuangan yang sampai saat ini masih WDP untuk bisa WTP di tahun 2018.

Materi pembinaan SDM selain diberikan oleh Ketua KPU RI Arif Budiman juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal KPU RI Arif Rahman Hakim terkait dengan tugas sekretariat KPU, sistem karier PNS di sekretariat KPU yang semakin kondusif melalui kompetisi yang transparan dalam menduduki jabatan melalui penilaian kinerja yang baik serta profesional juga penerapan reward and punishment  sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan Kepala Biro SDM KPU RI Lucky Firnandi Majanto dalam kesempatan tersebut antara lain menyebutkan bahwa SDM sekretariat KPU secrara kuantitas masih belum merata penyebarannya terutama di kabupaten-kabupaten terpencil seperti di Natuna dan Papua, sedangkan untuk peningkatan kualitas telah dilaksanan program tugas belajar dengan  menempuh pendidikan S-2 kepemiluan.

Dari pembinaan SDM tersebut diharapkan agar jajaran KPU dapat terbangun budaya kerja yang baik, meningkatkan kinerja dan rasa kebersamaan melalui intenalisasi budaya kerja sehingga dapat menyelenggarakan Pemilu dengan baik karena penyelenggaraan Pemilu yang baik akan berdampak pada stabilitas negara jelas Arif Budiman.  (bn)