Berita

Budhi Wiryawan (Ketua KPU Bantul 2008-2013) Meninggal Dunia

Selasa Wage, 18 Juli 2017 09:23 WIB 807

foto
Budhi Wiryawan atau mas Wawan (amarhum) dalam suatu acara.

Budhi wiryawan (53) yang akrab dipanggil mas Wawan, Ketua KPU Kabupaten Bantul periode 2008-2014 menghembuskan nafas terakhir Senin malam (17/7) kurang lebih pukul 21.00 di RSUD Panembahan Senopati, setelah sehari sebelumnya dirawat karena menderita sakit jantung. Menurut rencana jenazah akan dimakamkan di Kricak, Yogyakarta hari Selasa (18/7) dan berangkat dari rumah duka Melikan Kidul, Bantul pukul 14.00 WIB.

Sebelum menjadi Ketua KPU Kabupaten Bantul periode 2008-2013, Budhi Wiryawan juga sebagai anggota KPU Kabupaten Bantul selaku divisi sosialisasi dan pendidikan pemilih periode 2003-2008. Selain menjadi komisioner KPU Kabupaten Bantul Budhi Wiryawan dikenal sebagai seorang aktifis teater, jurnalis media cetak  Minggu Pagi, jurnalis radio Persatuan Bantul, penyair, penggurit dan penulis artikel di beberapa media cetak seperti Kedaulatan Rakyat, Harjo, Tribune, majalah bahasa Jawa Djaka Lodang, Pagagan, Sempulur serta lainnya.

Buku kumpulan puisinya berjudul “Sripah” serta antologi bersama penyair lain seperti Parangtritis, Pasewakan, Mangirit Gurit dan masih banyak lagi. Karya tulisannya makin produktif setelah tidak menjadi komisioner KPU terutama berkaitan dengan Pemilu, politik dan demorasi, tulisan fiktif berupa cerita pendek, puisi dan geguritan sampai akhir hayatnya. Serta aktif menulis di media sosial seperti Kompasiana juga aktif di berbagai acara pembacaan puisi atau geguritan, seperti di acara Sastra Bulan Purnama Rumah Budaya Tembi.

Selama menjadi Ketua KPU Kabupaten Bantul selalu menjalin komunikasi secara baik dan humanis dengan setiap stakeholder, berbagai permasalahan krusial selalu diusahakan penyelesaiannya secara normatif sehingga bisa diterima semua pihak. Mas Wawan juga senantiasa mengucap “Salam Demokrasi” dalam setiap mengawali atau mengakhiri sambutan dalam suatau acara atau memimpin rapat.

Ketua KPU Kabupaten Bantul Muhammad Johan Komara, S.IP selaku pribadi maupun lembaga menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Budhi Wiryawan atau Mas Wawan, disertai doa semoga segala dosa dan kesalahannya diampuni dan segala amal sholehnya  diterima di sisi Alloh SWT Tuhan YME.

Almarhum meninggalkan seorang istri dan seorang anak. Selamat jalan mas Wawan.......semoga husnul khotimah. Aamin (bn)