Berita

Rakor Mutarlih Berkelanjutan

Rabu Legi, 9 Agustus 2017 14:05 WIB 207

foto
Suasana Rakor Mutarlih Berkelanjuntan KPU Kabupaten Bantul.

KPU.Bantul - Pemutakhiran data pemilih (Mutarlih) merupakan kegiatan yang sangat kompleks dan berbiaya tinggi karena berkaitan dengan hak pilih seseorang, berkaitan dengan penyediaan logistik, mencerminkan perlakuan politik (setara atau tidak) serta mencerminkan transparansi dan akuntabilitas proses pemilu.

Karena itu diperlukan Pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan sebagai proses pembaruan dan pemeliharaan data yang dilakukan secara terus menerus sepanjang tahun agar data semakin komprehensif, akurat, dan terkini.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bantul Muhammad Johan Komara, S.IP saat membuka dan memimpin rakor pemutakhiran data pemilih (Mutarlih) berkelanjutan yang diikuti unsur terkait dari Disdukcapil, Dinas Sosial, Pepabri, Pertuni, Disnakertrans, Bagian Pemdes, TNI dan Polri di Rumah Makan Ingkung Kuwali hari Selasa (8/8).

Lebih lanjut Muhammad Johan Komara, S.IP menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Komprehensif adalah harus memuat semua WNI yang telah memenuhi persyaratan sebagai pemilih, baik di dalam maupun di luar negeri

 Akurat harus memuat informasi identitas pemilih secara benar, tidak ganda dan tidak memuat nama yang tidak berhak atau telah meninggal. Terkini adalah daftar pemilih disusun berdasarkan keadaan terakhir mengacu pada hari pemungutan suara.

Mengingat adanya problematika Pemilih yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun tidak tercatat dalam daftar pemilih (WNI sipil, 17 th pada hari H, sudah/pernah nikah) serta pemilih yang tidak memenuhi syarat namun tercatat dalam daftar pemilih ( <17 th pada hari H, meninggal, ganda, fiktif, aktif TNI Polri).

Maka pada kesempatan tersebut masing-masing unsur dalam rakor menyampaikan masukan bagi KPU dalam menyusun daftar pemilih, agar dalam Pemilu 2019 semua warga negara yang telah memiliki hak pilih dapat terdaftar sebagai pemilih. (Sty)