Berita

Sebanyak 30.000 Siswa SMA, SMK, dan MA Akan Mengikuti Pemilos Serentak 2017

Rabu Legi, 9 Agustus 2017 14:34 WIB 170

foto
Para peserta Sosialisasi Pemilos serentak diPendopo Parasamya, Bantul.

KPU.Bantul - Pemilihan Ketua OSIS (PEMILOS) SMA, SMK, dan MA se- Kabupaten Bantul Tahun 2017 kembali akan digelar secara serentak pada Bulan September 2017 mendatang. Sebanyak kurang lebih 30.000 anak yang terdiri dari siswa SMA, SMK, dan MA se- Kabupaten Bantul ini akan menggunakan hak pilihnya untuk secara langsung memilih Ketua OSIS di sekolah masing-masing. Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul, Suhirman, M.Pd pada Sosialisasi Penyelenggaraan PEMILOS Serentak SMA, SMK, dan MA yang diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpol di Pendopo Parasamya pada Rabu (9/8).

PEMILOS adalah tradisi tahunan yang merupakan media pembelajaran Demokrasi dan Kepemiluan bagi para siswa SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Bantul. Kegiatan PEMILOS ini diselenggarakan berangkat dari adanya persoalan kualitas dan kuantitas partisipasi pemilih dalam Pemilu dari periode ke periode yang masih cukup membutuhkan perhatian, dan rentannya Pemilih Pemula untuk tidak menggunakan hak pilihnya pada Pemilu akibat ketiadaan pengalaman mengikuti Pemilu dan keterbatasan informasi mengenai pentingnya Pemilu.

 “Pemilos merupakan miniatur dari Pemilu yang sesungguhnya, sehingga harapannya para siswa yang rata-rata adalah pemilih pemula ini akan belajar tentang demokrasi dan pemilu yang sesungguhnya, “ demikian Titik Istiyawatun Khasanah, Komisioner KPU Bantul menyampaikan dalam paparannya sebagai salah satu narasumber. Titik menambahkan, dalam PEMILOS ini nantinya, selain belajar mengenai substansi demokrasi dimana mereka akan merasakan betul makna pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat, para siswa juga akan belajar menjadi bagian dari penyelenggara PEMILOS, baik sebagai Panitia Pemilihan OSIS (PPO), Panitia Pengawas PEMILOS (Panwaslos), maupun sebagai anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Selain itu, PEMILOS juga menjadi media pembangunan karakter bagi para siswa, yakni bagi mereka yang menjadi Calon Ketua OSIS, siswa akan belajar saling menghormati dan menghargai, menjalankan politik bersih tanpa black campign dan politik uang, serta belajar berbesar hati, menerima kekalahan dengan lapang dada, dan tidak menyombongkan diri ketika terpilih sebagai Ketua OSIS. Bagi siswa yang menjadi pemilih, mereka akan belajar sebagai pemilih cerdas dan rasional.

Sejalan dengan hal itu, dalam paparannya Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bantul, ST. Heru Wismantara, S.IP, MM  mengatakan bahwa pendidikan politik  penting dilakukan sejak dini dan di semua lini, agar kehidupan bangsa menjadi lebih baik. Sekolah, menjadi salah satu media pendidikan politik sejak dini tersebut, dan PEMILOS sebagai salah satu kegiatannya.

Kegiatan Sosialisasi PEMILOS serentak 2017 untuk SMA, SMK, dan MA ini diikuti lebih dari 50 Guru Pendamping OSIS SMA/ SMK/ dan MA se –Kabupaten Bantul. Berikutnya, Senin (14/8) akan diadakan Training of Trainer (ToT) PEMILOS bagi Guru dan Siswa SMA/ SMK/ dan MA se- Kabupaten Bantul yang dimaksudkan sebagai media pembekalan pelaksanaan PEMILOS di tiap sekolah, untuk diimbaskan kepada para Penyelenggara PEMILOS di masing-masing sekolah. (Tih)