Berita

Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 Tanggal 3-16 Oktober 2017, KPU Bantul Siapkan Helpdesk

Jumat Pahing, 29 September 2017 08:30 WIB 810

Bantulkab.KPU-Tahapan  Pemilu Serentak Tahun 2019 telah dimulai, sejak diundangkannya UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Awal bulan Oktober 2017 akan memasuki tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik calon peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU Bantul M. Johan Komara mengatakan bahwa sesuai Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019, tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu mulai dari pendaftaran hingga pengumuman Partai Politik Peserta Pemilu akan dimulai pada tanggal 1 Oktober 2017 sampai dengan 20 Februari 2018.

Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 dilakukan secara sentralistik di KPU RI. Selanjutnya KPU RI akan melaksanakan Penelitian Administrasi dan Verifikasi Faktual terhadap kelengkapan, keabsahan dan kebenaran persyaratan Partai Politik calon Peserta Pemilu.

Sedangkan KPU Kabupaten/Kota menerima dokumen persyaratan Partai Politik calon peserta Pemilu yang disampaikan oleh KPU, dan menerima bukti keanggotaan Partai Politik dari Pengurus Partai Politik tingkat kabupaten/ kota melalui Petugas Penghubung.
Johan menambahkan, sesuai Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Partai Politik wajib memasukkan data Partai Politik ke dalam Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).

Data Partai Politik yang dimaksud terdiri dari Data Kepengurusan  dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan, data keanggotaan Partai Politik tingkat Kabupaten/ Kota, dan data pendukung pemenuhan syarat Partai Politik menjadi Peserta Pemilu.


Hal ini harus dilakukan oleh Partai Politik sebelum mendaftar sebagai calon Peserta Pemilu ke KPU. Setelah Partai Politik  memasukkan data-data ke Sipol, Partai Politik harus mencetak formulir dalam Sipol yang telah terisi tersebut untuk diserahkan kepada KPU saat pendaftaran.  
 

KPU membuka Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu selama 14 hari, mulai tanggal  3-16 Oktober 2017. Sedangkan KPU Kabupaten/Kota menerima penyerahan bukti keanggotaan Partai Politik dan salinan Kartu tanda Penduduk Elektronik atau Surat Keterangan pada hari yang sama yakni mulai tanggal 3-16 Oktober 2017.

“Kami akan melayani Partai Politik Calon Peserta Pemilu untuk menyerahkan bukti keanggotaan Partai Politik beserta salinan KTP elektronik atau Surat Keterangan mulai pukul 08.00-16.00 WIB pada hari pertama hingga hari ketigabelas, dan hari terakhir mulai pukul 08.00-24.00 WIB, “ ungkap Johan.
 

Komisi Pemilihan Umum telah bertekad untuk melayani pendaftaran dengan sebaik-baiknya kepada Parpol  Calon Peserta Pemilu tahun 2019. Drs. Syachruddin, S.E, Komisioner KPU Bantul Divisi Hukum mengatakan bahwa untuk memudahkan pelayanan, KPU Kabupaten Bantul juga membuka helpdesk pada hari pertama  hingga hari ketiga belas dari jam 08.00 – 16.00 WIB, dan hari ke 14  dimulai pukul 08.00 – 24.00 WIB .

“Jika dalam masa pendaftaran ini  Parpol ingin mendapatkan informasi yang lebih jelas  terkait tata cara  pendaftaran dan PKPU No. 11 tahun 2017,  dapat menghubungi  Helpdesk KPU Bantul. Kami mengharapkan agar Parpol dapat memanfaatkan masa pendaftaran ini sebaik-baiknya dengan berkonsultasi kepada helpdesk KPU Bantul,”  tegas Syachruddin.

Terkait dengan tahapan ini, KPU Bantul akan menyelenggarakan Sosialisasi PKPU No 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD Tahun 2019.

Acara ini akan digelar pada Senin, 2 Oktober 2017 di Hotel Ros-In Jalan Ring Road selatan Bantul . Diharapkan kepada semua Partai Politik peserta Pemilu tahun 2014 serta Partai baru yang telah terdaftar di Kementerian  Hukum dan HAM dan telah mendaftar di Kantor Kesbangpol Bantul dapat menghadiri acara tersebut.

KPU Bantul menghimbau bagi Partai Politik  baru yang telah terdaftar di Kemenkumham namun belum  terdaftar di Kantor Kesbangpol Kabupaten Bantul, untuk segera mendaftarkan diri kepada Kantor Kesbangpol dan segera berkoordinasi kepada KPU Bantul, serta dapat turut menghadiri acara sosialisasi tersebut. (Tik)