Berita

KPU KABUPATEN BANTUL SELENGGARAKAN KURSUS KEPEMILUAN GELOMBANG I

Senin Pahing, 7 Mei 2018 16:07 WIB 273

foto

Bantul, kpud-bantulkab.go.id – KPU Kabupaten Bantul memberikan kursus kepemiluan (election course) bagi organisasi masyarakat di Kabupaten Bantul (5/5/2018). Bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 KPU Bantul, kursus kepemiluan ini diikuti oleh anggota organisasi masyarakat dari perwakilan seluruh kecamataan di Kabupaten Bantul.

Kegiatan Kursus Kepemiluan ini dibuka oleh Titik Istiyawatun Khasanah, selaku Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Bantul. Beliau menyampaikan mengenai urgensi partisipasi masyarakat dalam pemilu. Peran serta masyarakat dalam mengawal pemilu merupakan kunci dari kesuksesan demokrasi langsung. “Rakyat yang berdaulat merupakan rakyat yang memiliki suara untuk menentukan masa depan bangsa dan Negara”, ujarnya.

Hadir sebagai salah satu narasumber yaitu Bambang Eka Cahya yang merupakan akademisi UMY sekaligus Mantan Ketua Bawaslu RI. “Demokrasi dan Pemilu merupakan upaya membuat peritistiwa yang lebih beradab, kalau pada zaman kerajaan perpindahan kekuasaan dilakukan melalui pertumpahan darah, sekarang cukup di bilik suara” paparnya. Beliau menambahkan bahwa peran stakeholders pemilu yang terpenting adalah mendorong menginisiasi, dan memulai kegiatan-kegiatan yang mengarahkan warga menjadi active citizen.

Dalam kesempatan kali ini, teradapat satu sesi diskusi dimana peserta dibagi menjadi dua kelompok. Peserta kursus kepemiluan diminta untuk mediskusikan mengenai Tahapan Pemilu. Peserta diminta untuk memahami tahapan Pemilu sebagai suatu siklus kemudian mendiskusikannya bersama kelompok masing-masing. Setelah itu, peserta menganalisa siklus tersebut sehingga terbangun mindet bahwa pengawalan pemilu tidak hanya dilakukan pada saat hari pemungutan suara. Di akhir sesi, peserta membuat kesepakatan akan melakukan pendidikan pemilih dimulai dari lingkungan sekitar maupun komunitasnya. Adapun Kursus Kepemiluan ini direncakan akan dilakukan sebanyak tiga kali dengan segmentasi peserta yang berbeda. (kh)