Berita

KPU BANTUL TETAPKAN DCT ANGGOTA DPRD KABUPATEN BANTUL PADA PEMILU 2019

Jumat Wage, 21 September 2018 15:51 WIB 757

foto

Bantul, kpud-bantulkab.go.id – Bertempat di Tembi Rumah Budaya (20/9/2018), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul menetapkan 442 Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Bantul, Jumlah ini mengalami pengurangan dari Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah ditetapkan. Hal ini dikarenakan terdapat 4 calon legislatif yang mengundurkan diri pasca penetapan DCS.

Adapun dari 442 calon legislatif yang ditetapkan, terdapat 238 calon laki-laki dan 204 calon perempuan. Dengan demikian, presentase calon legislatif perempuan di Kabupaten Bantul berjumlah 46% dari keseluruhan jumlah calon. Dalam kesempatan ini, Ketua KPU Bantul, M Johan Komara juga menegaskan bahwa tidak terdapat calon legislatif yang merupakan mantan narapidana korupsi di Kabupaten Bantul.

Usai penetapan DCT Anggota DPRD Kabupaten Bantul, Partai Politik peserta Pemilu 2019, Kodim 729, Polres Bantul, SatPolPP Bantul, Kesbangpol Bantul, Bawaslu Bantul, KPU Bantul, serta ikatan wartawan di Bantul sepakat untuk mendeklarasikan kampanye damai dalam Pemilu 2019. Dengan deklarasi ini diharapkan dapat terwujud situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dalam tahapan kampanye yang akan segera dilaksanakan. Adapun salah satu poin dalam deklarasi tersebut adalah untuk menolak segala bentuk penggunaan politik uang dan kampanye hitam dalam Pemilu 2019.